Minggu, 03 Februari 2013

PPM




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Danau Buyan-Tamblingan adalah  nama dari dua danau yang berlokasi di Kecamatan Sukasada, 21 km sebelah Selatan Kota Singaraja, terletak di pinggir jalan Denpasar-Singaraja. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 1000 m dari permukaan laut. Udara di kawasan danau sangat sejuk dan dingin pada siang hari maupun pada malam hari. Sepanjang perjalanan menuju ke danau ini, di suguhkan pemandangan yang sangat mempesona. Mobil dapat mencapai pinggir danau yang masih asri, dengan kawasan hutannya yang belum tersentuh.
Danau Buyan dan Danau Tamblingan seperti danau kembar yang memiliki daya tarik yang sangat mempesona. Keasrian alam  kedua danau ini masih alami. Dengan udara yang sejuk dikelilingi pegunungan yang masih  hijau, suasana udara yang segar memberikan kesan yang tenang dan nyaman. Nilai tambah dari kedua danau ini adalah keadaan danau yang jauh dari keramaian seperti suara-suara mesin kendaraan.  Jadi untuk menikmati keindahan danau disana, masyarakat setempat hanya perlu menggunakan perahu kecil yang tidak menggunakan mesin. Suasana danau yang sangat tenang dan damai ini sangat ideal untuk rekreasi keluarga seperti memancing dan arena bermain anak-anak. Bagi mereka yang menyenangi alam dan kebersamaan keluarga. Disinilah di kedua danau ini mereka akan mendapatkannya.
Wisata agro adalah salah satu bagian dari kegiatan agrowisata. Agrowisata adalah suatu sistem kegiatan terpadu dan terkoordinasi untuk mengembangkan dua sektor yaitu sektor pariwisata dan sektor pertanian dengan tujuan untuk memelihara kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan petani. Dalam sistem ini pariwisata dan pertanian harus diletakkan dalam satu lingkaran sistem yang utuh. kedua sektor ini harus berjalan secara berdampingan agar tidak adanya tumpak tindih dalam kegiatan agrowisata tersebut.
Namun sangat disayangkan masih sedikit wisatawan yang mengetahui keberadaan kedua Danau yang masih alami ini. Untuk itu di perlukannya sebuah perubahan untuk  danau ini agar bisa di kenal oleh para wisatawan. Selain itu, di harapkan dapat meningkatkan pendapatan penduduk yang di sekitarnya dan mendapatan devisa negara.  Perubahan yang bisa dilakukan dan tidak merusak kealamian danau adalah dengan mengelola danau tersebut menjadi agrowisata keluarga.
1.2  Tujuan dan Sasaran
1.2.1        Tujuan
1.      Untuk mengetahui potensi apa sajakah yang dimiliki oleh kawasan buyan tamblingan.
2.      Untuk mengetahui bagaimana pengembangan Adventure Tourism di kawasan wisata Danau Buyan-Tamblingan.
3.      Untuk mengetahui cara pengembangan potensi alam di kawasan wisata alam Danau Buyan-Tamblingan.
1.2.2        Sasaran
            Sasaran dalam mengembangkan agrowisata di Danau Buyan dan Tambilangan adalah ditujukan kepada kalangan menengah sampai menengah keatas. Mengingat proyek pengembangan ini adalah sebuah tempat rekreasi keluarga yang memiliki suasana yang nyaman dan tenang. Sehingga cocok untuk tempat berkumpul dan berekreasi keluarga.











BAB II
SEGMENTASI OBJEK WISATA

2.1 Keunggulan  Agrowisata Danau Buyan Tamblingan
            Bali merupakan pulau yang terkenal akan keindahan pemandangan alamnya seperti keindahan panorama laut dan suasana pegunungannya. Karenanya Bali di jadikan sebuah pulau tujuan wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Salah satu tempat yang perlu untuk di kunjungi wisatawan adalah Danau Buyan-Tamblingan. Danau Buyan Tamblingan memiliki panorama alam yang sangat mempesona dengan didukung oleh udara yang sejuk dan masih alami belum tersentuh oleh polusi udara.
            Pertanian yang ada di danau Buyan-tamblingan  sangat baik dengan didukung oleh tanah yang subur sehingga cocok untuk ditanami sayur mayur maupun buah-buahan seperti strawberry. Beberapa faktor inilah sebagai pendukung dan penguat untuk mendirikan sebuah komplek agrowisata di Danau Buyan-Tamblingan.
            Diharapkan dengan pengembangan agrowisata dengan rancangan-rancangan yang saya buat dapat memperkenalkan agrowisata Buyan-Tamblingan terkenal di dunia pariwisata. Yang kenyataannya pada saat ini masih jauh dari pengetahuan wisatawan akan keberadaan Danau tersebut. Saya harapkan kedepannya tidak hanya Danau Buyan-Tamblingan yang rame dikunjungi namun pertanian yang ada di daerah tersebut dapat meningkat baik secara produksi maupun komersialnya. Karena sayang sekali apabila keunggulan-keunggulan yang dimiliki Danau Buyan-Tamblingan tidak di manfaatkan dengan sebaik-baiknya.
            Perubahan pengelolaan Danau Buyan-Tamblingan ini diharapkan juga tidak merusak keadaan yang sudah ada dan terjaga sebelum proyek agrowisata ini di buat, seperti tidak menggunakan mesin dalam menyebrangi danau namun menggunakan dayung untuk menjalankan sebuah perahu. Karena kealamian Danau Buyan-Tamblingan yang dapat menjadi sebuah magnet besar  untuk menarik wisatawan berkunjung ke Danau ini.
            Proyek yang dibuat di Danau Buyan-Tamblingan ini sangatlah terjangkau dan tidak begitu mahal, cukup merogoh kantong kurang lebih sekitar Rp 100.000 per kepala maka dapat menikmati arena yang ada di Danau Buyan-Tamblingan.


 2.2 Paket wisata
            Dalam mengembangkan Danau Buyan Tamblingan menjadi suatu komplek agrowisata yang banyak di minati oleh wisatawan dengan memiliki fasilitas yang menarik. Diperlukannya perubahan pengelolaan Danau Buyan-Tamblingan agar lebih produktif dan menguntungkan masyarakat sekitar, namun tetap menjaga kealamian Danau Buyan-Tamblingan.
            Perubahan yang bisa dilakukan yaitu dengan membentuk arena wisata keluarga. Pengunjung dapat menikmati suasana alam Danau Buyan Tamblingan dengan bersenang-senang  dan berkumpul dengan keluarga. Hanya dengan Rp 5.000,00 per orang wisatawan lokal dan Rp 15.000,00 per orang wisatawan luar negeri, wisatawan  bisa memasuki arena rekreasi Danau Buyan Tamblingan. Untuk lebih menarik dalam berlibur saya menawarkan sebuah paket wisata keluarga yang menarik yaitu paket memancing dan paket petualang. Paket-paket ini bisa dipilih sendiri dengan mengunjungi loket sesuai dengan paket wisata yang di inginkan. Apabila terjadi kecelakaan di arena wisata reakreasi keluarga ini kami akan memberikan asuransi jiwa kepada korban dengan membiayai perawatan selama dirumah sakit.
2.2.1 Paket Memancing
            Paket memancing yaitu sebuah paket yang ditawarkan kepada para wisatawan yang berkunjung di Danau Buyan-Tamblingan untuk menikmati suasana memancing di tengah danau.  Namun sebelum memancing para wisatawan di berikan pilihan beberapa paket memancing yang di tawarkan. Beberapa paket memancing tersebut adalah Two Lake, Four Lake, dan Ten Lake. Dari paket-paket tersebut yang membedakan adalah kapasitas orang yang memancing dan ukuran dari perahu yang di kendarai. Selain memancing, wisatawan di berikan fasilitas memasak hasil tangkapannya  yang telah di sediakan oleh pihak penyelenggara wisata. Wisatawan dapat memilih menu makanan yang telah disediakan yang sesuai dengan  ikan tangkapannya. Fasilitas memasak hasil tangkapan wisatawan ini sudah termasuk kedalam harga paket yang telah di pilih wisatawan. Nilai tambah dari paket ini adalah wisatawan dapat menikmati santapan ikan tangkapannya di saung-saung yang terbuat dari bambu dengan beratapkan jerami yang telah mengering yang berada ditengah danau dengan jarak 15 meter dari daratan. Saung satu dengan saung lainnya di hubungkan dengan jembatan-jembatan kayu di atas danau. Saung-saung ini juga terhubung dengan daratan, sehingga saung-saung ini tidak dapat bergerak karena arus danau. Dibawah saung terdapat karamba ikan dengan tujuan wisatawan dapat melihat ikan sambil menyantap makanan. Paket ini sangatlah mengiyurkan bagi para wisatawan yang senang akan suasana kelamaian dan ketenangan.
Pilihan paket memancing
·         Paket Two Lake
yaitu paket memancing dengan menggunakan perahu kecil yang kapasitasnya hanya menampung dua orang pengunjung saja.  Dalam paket ini disediakan dua pelampung, dua alat memancing beserta umpannya dan pengemudi perahu. Ditambah dengan fasilitas memasak hasi tangkapan. Harga untuk paket ini adalah sebesar Rp 100.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp 150.000,00 untuk wisatawan luar negeri.
·         Paket Four Lake
yaitu paket memancing dengan menggunakan perahu sedang yang dapat menampung empat orang wisatawan. Dalam paket ini disediakan empat pelampung, empat alat memancing beserta umpannya dan pengemudi perahu. Ditambah dengan fasilitas memasak. Harga untuk paket ini Rp 200.000,000 untuk wisatawan lokal dan Rp 300.000,00 untuk wisatawan mancanegara.
·         Paket Ten lake
yaitu paket memancing dengan menggunakan perahu besar yang dapat menampung sepuluh orang wisatawan. Dalam paket ini disediakan sepuluh pelampung, sepuluh alat memancing beserta umpannya dan pengemudi perahu. Ditambah dengan fasilitas memasak. Harga untuk paket ini Rp 500.000,000 untuk wisatawan lokal dan Rp 800.000,00 untuk wisatawan mancanegara.

2.2.2  Paket Petualang
           Paket petualang yaitu sebuah paket kedua yang ditawarkan di komplek agrowisata di Danau Buyan-Tamblingan. Paket ini berisi sebuah pengalaman yang dapat menguji adrenalin wisatawan. Dalam paket ini yang menjadi pembeda antar paket satu dengan paket lainnya adalah usia. Paket anak-anak yaitu paket yang dikhususkan untuk anak-anak usia 5 tahun sampai 10 tahun. Sedangkan paket dewasa yaitu di peruntukkan untuk usia 11 tahun keatas. Namun paket petualangan ini tidak di peruntukkan oleh orang-orang yang mempunyai penyakit khusus seperti penyakit serangan jantung, penyakit asma dan penyakit lainnya yang membahayakan. Hal ini dikarenakan untuk menjaga keselamatan konsumen dan menjaga kenyamanan pengunjung. Paket petualangan ini juga sudah dilengkapi dengan peralatan keamanan seperti sabuk keamanan, para penjaga di setiap pos, dan pengecekan peralatan setiap pemakaiannya. Sehingga kelayakan untuk melakukan kegiatan wisata sudah terjamin.
Pilihan paket petualang
·         Paket anak petualang
Paket anak petualang yaitu berupa sebuah permainan yang terdiri dari Jaring laba-laba yang terbuat dari tali setinggi 3 meter, jembatan tali dengan ketinggian 5 meter sepanjang 4 meter dan fly fox dengan ketinggian 5 meter. Paket ini sangat terjangkau yaitu hanya dengan harga sebesar Rp 20.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp 30.000,00 untuk wisatawan mancanegara.
·         Paket  Dewasa
Paket dewasa yaitu berupa sebuah permainan yang terdiri dari Jaring laba-laba yang terbuat dari tali setinggi 5 meter, jembatan tali dengan ketinggian 10 meter sepanjang 5 meter dan fly fox dengan ketinggian 10 meter. Paket ini sangat terjangkau yaitu hanya dengan harga sebesar Rp 30.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp 50.000,00 untuk wisatawan mancanegara.

2.2.3 Paket Tambahan
            Paket Tambahan adalah sebuah paket yang di gunakan untuk menunjukkan keunggulan hasil-hasil produksi pertanian yang ada di daerah sekitar Danau Buyan-Tamblingan. Paket tersebut berupa paket cara belajar menanam, memetik, dan menikmati buah-buahan yang ada di sekitar danau. Buah-buahan yang biasa dijadikan objek wisata adalah buah strawberry.  Jadi, di dalam paket ini wisatawan dapat belajar menanam strawberry, memetik sendiri buah strawberry namun tidak boleh memakan buah di dalam kebun, buah-buah tyang sudah di petik dibawa ke kasir untuk di timbang dan di bayar sesuai berat dan harga yang di tetapkan pihak wisata. Kemudian wisatawan dapat menikmati buah tersebut. Apabila wisatawan tertarik untuk mencoba paket tamabahan ini, wisatawan hanya membutuhkan Rp 10.000 saja untuk masuk ke kebun strawberry dan mendapatkan ilmu untuk menanam strawberry.

2.3 Analisis Swot
            Sebelum memulai kegiatan usaha, maka hal penting  untuk yang dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mengukur kemampuan wahana wisata yang saya tawarkan terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT. Analisis SWOT adalah sebagai berikut:
·         Strenght(Kekuatan)
Dilihat dari Kekuatan wahana yang saya tawarkan adalah wahana yang dapat di nikmati oleh kalangan menengah sampai menengah ke atas karena harga yang di tawrkan tidak terlalu mahal. Dari segi keselamatan dapat terjamin, karena sebelum melakukan kegiatan sudah di lakukan pengecekan terlebih dahulu setiap pemakainya peralatannya. Dalam setiap paket wisata sudah disediakan alat pengaman seperti pelampung untuk paket memancing dan sabuk pengaman untuk paket petualang.
·         Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari wahana yang saya tawarkan adalah karena cuaca. Jika dilihat dari lokasi  Danau Buyan dan Danau Tamblingan terletak pada daerah tangkapan hujan sehingga dapat berpeluang terjadinya hujan yang sangat besar.
·         Opportunity (Peluang)
Pengembangan agrowisata di Danau Buyan-Tamblingan memiliki peluang yang sangat besar, karena Danau Buyan-Tamblingan terletak diwilayah yang strategis yaitu di jalur Singaraja-Denpasar. Sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Selain itu, Suasana alam di Danau Buyan-Tamblingan sangat sejuk, nyaman dan tenang cocok untuk masyarakat perkotaan apabila menginginkan udara yang bebas polusi.
·         Threath (Ancaman)
Ancaman yang mungkin terjadi adalah ancaman cuaca yang tidak mendukung dan kerusakan fasilitas peralatan yang tidak terduga.  Terutama kerusakan perahu untuk wisata paket memancing yang rawan mengalami kerusakan.




BAB III
RANCANGAN BIAYA

3.1 Anggaran Biaya
            Dalam mengadakan suatu komplek agrowisata yang memiliki daya tarik sendiri, maka dibutuhkan anggaran biaya untuk memrealisasikan paket-paket yang telah di rancang agar terlaksana dengan baik dan aman. Biaya yang dibutuhkan untuk pengembangan agrowisata adalah sebesar Rp 370.790.000 (tiga ratus tujuh puluh juta tujuh puluh Sembilan ribu rupiah). Berikut adalah rincian dari biaya pengembangan agrowisata:

Nama Barang
Harga (Rp) / unit
Jumlah
Total Harga (Rp)
Perahu kecil
3.000.000
4 unit
12.000.000
Perahu sedang
4.000.000
4 unit
16.000.000
Perahu besar
6.000.000
3 unit
18.000.000
Alat pancing
180.000
11 unit
1.980.000
Pelampung
200.000
11 unit
2.200.000
Umpan mainan
10.000
11 pack
110.000
Peralatan petualang
20.000.000
1 unit
20.0000.000
Bambu
10.000
1000 buah
10.000.000
Jerami
5.000
500 buah
2.500.000
Jembatan kayu
10.000.000
1 unit
10.000.000
Ruang memasak
20.000.000
1 unit
20.000.000
Peralatan masak
1.000.000
1 sachet
1.000.000
Karamba + ikan
2.000.000
1 sachet
2.000.000
Gaji pengawai
1.000.000
25 orang
25.000.000
Asuransi
30.000.000
-
30.000.000
Alat dan bahan SPA
20.000.000
1 sachet
20.000.000
Total Keseluruhan
370.790.000
  




BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Danau Buyan-Tamblingan adalah  nama dari dua danau yang berlokasi di Kecamatan Sukasada, 21 km sebelah Selatan Kota Singaraja, terletak di pinggir jalan Denpasar-Singaraja. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 1000 m dari permukaan laut. Udara di kawasan danau sangat sejuk dan dingin pada siang hari maupun pada malam hari. Sepanjang perjalanan menuju ke danau ini, di suguhkan pemandangan yang sangat mempesona. Mobil dapat mencapai pinggir danau yang masih asri, dengan kawasan hutannya yang belum tersentuh.
Kawasan danau ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai komplek agrowisata karena lokasinya yang strategis dan suasananya yang nyaman. Maka dari itu saya berharap, dengan paket-paket yang telah dirancang dapat memperkenalkan Danau Buyan-Tamblingan kepada dunia pariwisata. Agar dapat mensejahterakan masyarakat disekitar danau dan dapat menambah pemasukan pariwisata. Selain itu, diharapkan pertanian yang ada di sekitar Danau dapat lebih baik dalam produksi maupun dalam pemasaran produk-produk hasil pertaniannya.















Lampiran
1.      Rancangan tempat wisatawan menikmati hasil tangkapannya
   
2.      Rancangan wisata petualang
a.       Fly Fox                                                          b. Jembatan Tali
 
c.Jaring Laba-laba
 
3.      Rancangan kebun strawberry
 
4.      Rancangan lokasi buyan-tambilngan yang akan di kembangkan untuk wisata keluarga
5.      Denah Lokasi Danau Buyan-Tamblingan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar